Tips Belajar Cepat Menjadi Programmer

Tips Belajar Cepat Menjadi Programmer - Ketika seorang ingin mempelajari bahasa pemrograman, pasti pernah bingung “Mau mulai dari mana, kemana materi yang harus dipelajari” Ketika untuk menjadi seorang programmer, pelajari bahasa pemrograman. Berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan masih belum paham karena baca buku yang terkadang beda dengan pemahaman kita. Berikut ini adalah Tips yang bisa Anda pakai supaya cepat menjadi programmer :D

Tips Belajar Cepat Menjadi Programmer
1. Cari Sample Project, Code yang Sederhana

Yang pertama adalah mencari sampel atau contoh project atau kode yang sederhana. Banyak situs web yang menyediakan berbagai project gratis yang tersedia berbagai contoh project dan kode-kode sesuai bahasa yang Anda pelajari. Anda harus pastikan melihat, mencoba dan memahami setiap kode yang ada. Coba Anda pahami apa fungsi-fungsi dari kode tersebut. Dari sanalah awal-mula Anda membuka pemikiran terhadap bahasa pemrograman.

2. Jangan hanya membaca dan menjalankan contoh program saja

Ketika Anda sudah mendapatkan sebuah contoh project, Anda sering beranggapan “saya tau ini, pasti bakal begini-begitu”. Jangan salah, kemungkinan itu hanya kemauan kita untuk memanfaatkan contoh project itu tanpa memahami setiap baris kode. Karna sebab itu, coba ketik ulang dan pahami setiap baris dan prioritaskan bagian yang diperlukan saja. Mungkin memerlukan waktu yang cukup lama untuk memahami suatu contoh project. Pemula harus dihadapkan dengan permasalahan yang cukup sederhana dalam suatu contoh project. Salah satu contoh kasus adalah Anda mendapatkan pesan error “Missing Reference ….”. Disinilah Anda diberikan cobaan yang cukup membingungkan untuk memecahkan masalah tersebut. Cari di internet sampai ketemu, sampai akhirnya permasalahan itu terpecahkan dan pemahaman pun akan semakin meluas.

3. Luangkan waktu untuk belajar menulis kode buatan sendiri

Luangkanlah waktu untuk menulis kode buatan sendiri. Setelah memahami sesuatu tentang bahasa pemrograman atau bahkan jika Anda masih kebingungan ide apa yang harus dituangkan, balik lagi ke nomor 2. Lihat, Baca dan Pahami.

4. Lihat Kesalahan yang diberikan oleh Debugger

Yang terdapat sebuah message “Error” yang menampilkan beberapa kesalahan pada project yang sedang dibuat. Disana Anda akan tau, masalah-masalah apa saja yang harus diselesaikan. Itu tantangan yang diberikan oleh sistem. Untuk memecahkan masalah tersebut bisa mencari referensi dari internet, coba cari dengan keyword sesuai dengan pesan kesalahannya.

5. Cari Sumber membahas permasalahan kode

Dan yang terakhir, Apabila ada masalah yang tidak dapat dipecahkan atau tidak dipahami, kunjungi saja forum di facebook banyak kok forum-forum programmer. Saya yakin forum ini akan banyak yang membantu.

*Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan melalui form komentar, dan jika suka dengan artikel ini silahkan dengan klik like, share, atau join fans page untuk mengetahui artikel lainnya. 
Demikianlah "Tips Belajar Cepat Menjadi Programmer".

Komentar

  1. saya lagi proses belajar gan, perbanyak lagi ya post proggraming nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti gan...masih prepare programing selanjutnya hehe

      Hapus
  2. semoga ane baca ini jadi programer handal

    BalasHapus
  3. Mantap gan, ilmu dasar programer harus dipelajari juga dan harus fokus mau jadi programer apa hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer